Kamis, 19 Agustus 2010

Ancol Bay City

Ancol Bay City atau yang terlebih dahulu dikenal Taman Impian Jaya Ancol adalah merupakan Kawasan Wisata Terbesar, Termegah dan Termewah di Indonesia. Keberadaaannya sangatlah populer, tidak saja bagi kalangan masyarakat ibukota maupun seluruh indonesia. Setiap harinya pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari masyarakat Jakarta saja melainkan ada saja dari berbagai pelosok daerah seperti dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung dan propinsi yang ada di Indonesia pada umumnya (Wisatawan domestik), bahkan ada yang datang dari mancanegara (Wisatawan asing).
SEJARAH BERDIRINYA
Sebagai kawasan Wisata, sebetulnya Ancol Bay City (Taman Impian Jaya Ancol) telah ada semenjak Abad 17 pada masa Gubernur Jendral Hindia Belanda, Adrian Valckenier, yang memiliki rumah peristirahatan yang sangat indah di tepi pantai, hingga seiring dengan waktu kawasan tersebut berkembang menjadi kawasan wisata pantai.
Kawasan tersebut sempat terabaikan dan menjadi kotor tak terawat pada masa Perang Dunia ke II. Setelah lama berlalu muncul usulan agar kawasan tersebut dijadikan kawasan industri, namun usulan tersebut di tolak oleh Presiden RI pertama yakni Ir. Soekarno. Malah bung Karno ingin membangun kawasan ini sebagai Kawasan Wisata. Kemudian bulan Desember 1965 Bung Karno memerintahkan Gubernur DKI Jaya yang saat itu dijabat oleh Dr. H. Soemarno, sosroatmodjo sebagai pelaksana pembangunan proyek Taman Impian Jaya Ancol, namun proyek tersebut baru terlaksana dibawah pimpinan Gubernur Ali Sadikin, sedangkan pembangunan Ancol dilaksanakan oleh PD Pembangunan Jaya dibawah pimpinan Ir. Ciputra.

PEMBANGUNAN ANCOL
Kawasan Wisata Ancol Terletak di pesisir utara Kota Jakarta(Jakarta Lama), tepatnya di pesisir kota Jakarta Utara dengan menempati lahan seluas 522 ha. Pembangunan dilakukan melalui proses pengurukan yang dipercayakan kepada Perusahaan Perancis, CITRA(Compagnie detraveux), kemudian ditunjuk PD Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan Proyek Ancol. Awal mula kekhasan ancol adalah dengan dibangunnya Theater Mobil pada tahun 1970. Setelah ini Ancol menjadi daya tarik Masyarakat sekitarnya untuk berkunjung dan berwisata, disamping keberadaanya dengan nuansa Pantai Laut Jawa yang exotis .
Pembangunan ancol hingga kini terus berlanjut dan berbenah diri terus menerus, dari mulai dibangunnya sarana penunjang seperti hotel, Lapangan Golf, serta wahana-wahana lokasi berwisata lainnya. Keberadaan Ancol-pun semakin populer dengan dibangunnya "Dunia Fantasi" sebagai Wahana Rekreasi permainan yang terlengkap dan termegah pada tahun 1985.
Berikut wahana/objek Wisata di Kawasan Wisata Ancol
1. Taman Pantai (bina ria)
2. Pantai Marina
3. Pantai Carnaval
4. Pantai Festival
5. Dunia Fantasi
6. Gelanggang Samudra
7. Sea world
8. Gelanggang Atlantis (Atlantis Water Adventure)
9. Pasar Seni
10 Hailai Mercure
11. Kereta Gantung (Gondola)
12. Padang Golf Ancol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar